Rumah Sakit Buruh!

X7aNcXRDOk
Dahlan Iskan hari ini, Jum’at 22 Februari 2013,  meresmikan RS Buruh di Kawasan Belikat Nusantara yang dimodalin dari sindikasi beberapa BUMN. “Buruh itu bukan soal tenaga, tapi soal kemanusiaan dan kemanusiaan paling penting dari manusia itu menghargai hak kesehatannya” Pertengahan tahun 2012 kemarin Dahlan menyodorkan ide agar BUMN mendirikan Rumah Sakit Buruh, lalu Dahlan memanggil direksi dari beberapa BUMN, PT KBN, Jamsostek, Askes, PT Binakarya, PT Nindya Karya, dan PT Indrakarya. untuk segera turun permodalan membangun RS Buruh, jadi sekarang kaum buruh sudah punya rujukan kemana dia harus pergi bila sakit. Ini sama dengan tentara, yang juga punya Rumah Sakit-nya seperti RSPAD Gatot Subroto, RSAL Mintohardjo atau RS Marinir Cilandak KKO.

Spesifikasi teknis rumah sakit ini setara kelas C+ yang berfungsi sebagai penyelenggara pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, dan pelayanan penunjang non medis. Konsep lansekap dan tatanan arsitektur rumah sakit buruh ini mendasarkan pada konsep green dan memaksimalkan penggunaan cahaya. Jumlah tempat tidur 184 buah, dengan luasan bangunan 9.000 meter persegi, Rumah Sakit ini dibangun 8 lantai.

“Buruh itu bukan  soal tenaga, tapi soal kemanusiaan dan penghargaan kemanusiaan paling penting dari manusia itu menghargai hak kesehatannya”

(Dahlan Iskan)

Di Indonesia sudah sejak lama Buruh menjadi simbol ketertindasan ekonomi, bahkan dulu di jaman Orde Baru kita mengenal buruh sebagai salah satu : comparative advantage, karena harganya murah, sekali lagi karena harganya murah..!! Kerja Buruh di masa Orde Baru tidak menjadi bagian dari human capital tapi bagian dari explotation homme par homme, Ekonom-ekonom kita jarang mengeritik murahnya harga buruh tersebut. Kaum buruh terasingkan dalam sistem kelas di Indonesia, mereka berada di level paling bawah. Mereka disudutkan dalam ruang kerja yang pengap.

Selama puluhan tahun buruh jadi sumber pungli, penghasilannya terserap oleh kekuasaan dan tidak ada kemanusiaan dalam diri buruh tersebut yang dihargai. Kesehatan adalah titik pertama dari penghargaan kemanusiaan seseorang.

Dahlan sudah memulainya dengan membangun Rumah Sakit kaum Buruh, dan menjadi titik picu paling awal kebangkitan tenaga kerja di Indonesia.

(Anton DH Nugrahanto).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s